Komponen MS-Visual Basic 6.0

Diposting oleh cah_temanggung on Kamis, 28 April 2011

Agar bisa menguasai bahasa pemrograman Visual Basic, kita juga harus mempelajari dasardasarnya
dengan lebih baik dan kuat. Beberapa komponen utama dalam bahasa visual yang harus kita
ketahui diantaranya :

Project
Project adalah sekumpulan modul. Jadi project (proyek) adalah program aplikasi itu sendiri. Di
dalamnya terdapat form beserta code nya. Project ini disimpan dalam file berakhiran .vbp. File ini akan
menyimpan seluruh komponen program, termasuk pilihan proyek, pilihan environment, pilihan file EXE
dan segala sesuatu yang berhubungan dengan proyek.
Pada jendela proyek terdapat tiga icon, yaitu icon View Code, icon View Object dan icon Toggle
Folder. Icon View Code dipakai untuk menampilkan jendela editor kode program. Icon View Object dipakai untuk menampilkan bentuk formulir (form) dan icon Toggle Folders berguna untuk menampilkan folder (tempat penyimpanan folder).

Form
Form adalah object yang dipakai sebagai tempat bekerja program aplikasi. Jadi bisa dikatakan
di form inilah kita melakukan aktifitas perancangan program. Biasanya pada saat mendesain Form,terdapat garis titik-titik yang disebut grid. Grid sangat berguna untuk membantu pengaturan tata letak objek yang dimasukkan dalam form, karena gerakan penunjuk mouse akan sesuai (tepat) pada titik-titik grid.

Toolbox
Toolbox adalah kotak alat yang berisi icon-icon untuk memasukkan objek tertentu ke dalam
jendela Form. Kita dapat memodifikasi toolbox, misalnya menambah komponen icon dengan mengklik kanan pada toolbox, lalu memilih Components atau Add Tab.
Icon-icon pada toolbox ini seringkali disebut sebagai control. Setiap kontrol memeiliki properti
seperti warna, tulisan yang diletakkan pada control dan propeerti lainnya. Control-control diletakkan pada toolbox untuk dipilih dan digambarkan pada form.

Properties
Propoerti digunakan untuk menentukan setting suatu objek. Suatu objek biasanya mempunyai
beberapa properti yang dapat diatur langsung dari jendela Properties atau lewat kode program. Setting properti akan menentukan cara kerja dari objek yang bersangkutan saat program aplikasi dijalankan,misalnya menentukan warna objek, bingkai obejk, pengambilan data dan lain-lain.

Kode program
Kode program adalah serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu Objek dijalankan. Kode program ini akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu objek.

Event
Event adalah peristiwa atau kejadian yang diterima oleh suatu objek, misalnya klik, seret, tunjuk, dan lain-lain. Event yang diterima objek akan memicu MS VB menjalankan kode program yang ada di dalamnya. Baris diatas menunjukkan penggunaan event Click pada object Command1, yang berarti jika kita mengklik objek Command1, maka barus-baris kode program dibawahnya akan dilaksanakan

Metoda(method)
Metoda adalah suatu set perintah seperti halnya fungsi dan prosedur, tetapi sudah tersedia di dalam suatu objek. Seperti halnya properti (yang juga terdapat pada suatu objek), suatu metoda dapat dipanggil dengan menyebut nama objek diikuti tanda titik dan nam metodanya. Metoda biasanya akan mengerjakan suatu tugas khusus pada suatu objek tertentu, sedangkan properti biasanya memberi definisi nilai atau setting pada objek

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar