Type Variabel vb

Diposting oleh cah_temanggung on Minggu, 22 Mei 2011

Dibandingkan dengan type data yang terdapat pada bahasa basic, maka pada VBA, type data yang disediakan lebih banyak, seperti type Currency, Decimal, Object, dan Variant..
Variant merupakan type variabel yang istimewa, karena dapat berubah dari satu type ke type yang lain, sesuai dengan evaluasi ekspresi oleh Visual Basic. Ketepatan pemilihan type variabel akan sangat menentukan pemakaian resources oleh aplikasi yang dihasilkan, adalah tugas programmer untuk memilih type yang sesuai untuk menghasilkan program yang efisien dan berperfomance tinggi.


Tabel 1-1. Type variabel, pemakaian storage dan jangkauan masing-masing

Catatan penulis :
Sebagai awal proses belajar, anda tidak perlu terlalu dipusingkan oleh banyaknya tipe data yang disediakan oleh Visual Basic, yang penting adalah kalau anda membutuhkan tipe data berupa kondisi benar (true) atau salah (false), anda dapat menggunakan tipe Boolean. Kalau anda membutuhkan bilangan bulat (integer), anda dapat memilih salah satu dari byte, integer, long sesuai dengan jangkauan yang dibutuhkan, sedangkan kalau anda membutuhkan tipe pecahkan (floating point) anda dapat memilih single, double, dan decimal sesuai dengan ketelitian yang dibutuhkan. Khusus untuk uang dapat digunakan currency, khusus untuk tanggal dan waktu dapat digunakan date, dan untuk kalimat dapatdigunakan string.
Ada apa dengan Variant ?
Variant merupakan tipe data khusus yang sangat digemari oleh programmer pemula, karena variabel dengan tipe data ini dapat menampung data dari semua tipe variabel yang ada tanpa menyebabkan kesalahan pada saat kompilasi maupun runtime. Tetapi penulis menyarankan untuk tidak terlena dengan tipe data ini, karena pada pengembangan selanjutnya (VB.net), tipe data ini tidak didukung lagi, karena tipe ini dapat menyebabkan bugs jika program telah berkembang menjadi besar.

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar